Senin, 21 Juni 2010

Pengantar Komputasi Modern (Mobile Computing)

1. PENDAHULUAN

Penerapan teknologi yang mendukung mobilitas boleh dibilang kini tengah menghangat. Pertumbuhannya jauh melebihi sebagian besar investasi teknologi informasi (TI) lainnya. Hal ini bisa dilihat dari maraknya pasar teknologi nirkabel, yang mendukung infrastruktur mobilitas perusahaan. Munculnya teknologi mobile seperti handphone, PDA (Personal Digital Assistant), dan smart phone pada saat internet sudah mulai dikenal luas menghadirkan revolusi baru dalam dunia komunikasi global yang menggabungkan teknologi mobile dengan teknologi internet. Yang sering disebut sebagai mobile computing. Mobile Computing adalah suatu penyajian informasi yang menggunakan mobile devices seperti handphone, PDA, atau laptop dengan bantuan media komunikasi wireless.

Tentunya beberapa mobile computing tidak hanya terbatas pada para eksekutif tapi juga banyak hal yang dapat terpengaruh secara langsung dengan adanya kemampuan mobile computing, seperti, alarm monitoring, akses database, transfer file, pemasukan order / pesanan, pembacaan meter (air/ listrik), penentuan lokasi kendaraan dengan GPS, surat elektronik, pengiriman FAX, value added network services, autorisasi kartu kredit, management inventori.

2. KONSEP

Teknologi mobile computing saat ini masih ada pada tahap generasi ketiga atau 3G. Dimana pada teknologi ini sudah dibuktikan dengan adanya fasilitas untuk komunikasi data dan suara (video) dan sangat efisien dalam penggunaan spektrum untuk suara maupun video. Ketika 3G dianggap sudah dalam saat yang tepat untuk benar-benar diterapkan, berikutnya sudah menunggu adalah teknologi generasi keempat, alias 4G. Dan itu adalah HSDPA (High Speed Downlink Packet Access), yang mampu mentransfer data hingga 7 Mbps. Dimana teknologi ini menggunakan standar 3G/UMTS.

Karena semakin meningkatnya permintaan dari perkembangan mobile computing, ORACLE memberikan beberapa solusi yaitu berupa tool-tools untuk mobile environment. Misalnya untuk Administrasi Server dan untuk mobile development.

ORACLE menyediakan tools sebagai berikut:

• JDeveloper (JWE = Jdeveloper Wireless Extension)

• Oracle Lite Database

• Oracle AS Wireless (versi Administrator dan versi Developer)

3. PEMBAHASAN

Oracle Lite sebagai tools untuk mobile technology merupakan penerapan aplikasi untuk mobile computing. Dulu orang hanya mengenal ORACLE dari produk databasenya, namun sekarang sudah banyak tools ORACLE yang ada misalnya oracle lite yang biasanya digunakan untuk teknologi wireless.

Tiga komponen dalam Oracle Lite yang biasanya digunakan untuk mobile computing:

- Mobile Development Kit

- Mobile Server

- Mobile Client

Selain itu seiring dengan perkembangan teknologi Oracle Lite ini juga mudah untuk dikembangkan. Sebagai pendukung lainnya perangkat-perangkat yang diperlukan untuk mengoperasikan Oracle Lite ini mudah dalam penggunaannya. Jika nantinya database ini dikembangkan untuk penggunaan secara online, koneksi ke jaringan yang lebih luas dapat juga dilakukan.

Agar Oracle Lite dapat dioperasikan maka sistem operasi yang dapat mendukung yaitu:

• Windows 98 / NT / 2000 / XP

• Windows CE / Pocket PC

• Palm

• Embedded Linux.

Sedangkan Oracle Lite ini dapat digunakan untuk aplikasi :

• Administrasi

• Sales Automation

• Survey Application

• Personal Information Management

• Logistic

• Remote Transaction.

Oracle Lite Database juga dapat diaplikasikan dalam perangkat selular secara offline, dimana database tersebut dapat dioperasikan dalam kondisi tanpa terkoneksi jaringan secara langsung. Hal ini untuk memudahkan dalam pemanfaatan database tanpa terpengaruh apakah ditempat tersebut terkoneksi jaringan atau tidak.

SUMBER :

http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1601/1376

Tidak ada komentar:

Posting Komentar